Sunday 1 January 2017

Cara menghemat baterai android

Assalamu'alaikum wr.wb

Cara menghemat baterai android



Tips menghemat baterai android- Beberapa orang pasti sangat ingin sekali baterai Smartphone mereka bertahan lama pada saat pemakaian sehari-hari. Bayangkan saja kalau pembaca sedang ber komunikasi lewat telefon maupun sedang Video call dengan seseorang, ada notifikasi baterai lamah.
Pasti sangat mengganggu bukan?

Ok, saya akan share bagaimana sih cara menghemat baterai smartphone pembaca agar lebih tahan lama. Sebenarnya kapasitas baterai smartphone sangat berpengaruh dalam daya tahan baterai. Namun tidak menutup kemungkinan kapasitas baterai yang sedikit bisa lebih tahan lama bukan? 

Ok beginilah tips menghemat baterai ala Blog ada apanya :

1. Jangan mencharge smartphone terlalu lama

Mengapa? perlu pembaca ketahui rata-rata baterai smartphone menggunakan ion lithium, jika kita terus memasukkan daya kedalam baterai. Kualitas ion lithium di dalam baterai akan berkurang dan tidak aktif.
Minimal mencharge smartphone yaitu 2-3 jam saja cukup, dengan demikian ion yang ada di dalam baterai akan normal.

Pernah mengalami baterai yang dayanya tidak tepat dengan indikator baterai smartphone? seperti baterai smartphone menunjukkan 10% tetapi saat di Reboot indikator menunjukkan 25% baterai smartphone? kejadian itu sebenarnya normal-normal saja akan tetapi cukup mengganggu.

Jadi sebaiknya atur waktu untuk charge smartphone anda. Terkadang juga lupa, smartphone dalam keadaan charge di tinggal.
Ya lupa itu wajar saja, kalau lupa terus itu yang tidak wajar hehe.

2. Gunakan mode pesawat saat tidak di gunakan

Airplane Mode adalah Mode dalam sebuah smartphone yang memutus semua sambungan ke internet maupun sinyal operator. Saat mode ini aktifkan biasanya menunjukkan icon Pesawat di status bar, Iyalah namanya juga mode pesawat pasti gambarnya pesawat. Kenapa harus diaktifkan saat smartphone tidak diguanakan? Sinyal dari sebuah operator akan terus masuk ke dalam smartphone, smartphone akan terus memaksa kerja sistem operasi untuk menangkap sinyal operator tersebut. 

Saran saya gunakan lah mode pesawat saat smartphone tidak digunakan, maupun saat sinyal di daerah anda sangat sedikit. itu akan membuat baterai smartphone anda lebih irit.

3. Hapus aplikasi-aplikasi booster


Aplikasi-aplikasi booster seperti Du speed Booster, 360 security, Battery saver, dan lainnya. Memang banyak iklan-iklan menawarkan agar ponsel berjalan dengan cepat dan tanpa lag, tidak semua yang diklankan salah. ada benarnya juga, tetapi aplikasi-aplikasi tersebut juga membutuhkan daya yang lebih untuk menjalankannya, aplikasi-aplikasi tersebut juga banyak memakan memori smartphone pembaca.

Jika smartphone pembaca mempunyai ruang penyimpanan yang besar, dan juga Ram yang besar. Tidak masalahn untuk mnginstall aplikasi-aplikasi tersebut. akan tetapi menurut saya biarkan apa adanya tanpa ada aplikasi-aplikasi booster lainnya.

Karena yang simple lebih menawan hehe. Jadi pertimbangkan lagi mengenai aplikasi-aplikasi tersebut.

4. Kurangi bermain smartphone yang sedang di charge

Pasti pembaca pernah melakukan hal ini, sama saya juga pernah hehe. tetapi saya sudah mengurangi kegiatan tersebut. Kenapa? Setelah saya searching-searching dan bertanya-tanya ke berbagai grup, ternyata bermain smartphone yang sedang di charge dapat merusak ketahanan baterai smartphone. Karena pada saat di charge tidak ada daya yang tersimpan di baterai, melainkan langsung di keluarkan.

Peristiwa tersebut membuat baterai kurang stabil saat menyimpan daya karena langsung di keluarkan tanpa di simpan dulu.

Saran saya kalo pembaca butuh smartphone yang sedang di charge tersebut gunakan sebentar saja, jangan terlalu lama memainkannya.

5. Jaga suhu smartphone tetap normal

Jika pembaca pernah memainkan smartphone sangat lama, pasti akan merasakan panas pada smartphone. ini yang harus dijaga agar baterai smartphone anda tetap stabil dan tidak boros. Suhu standar smartphone rata - rata saat di mainkan yaitu 45 'C jika lebih dari itu maka smartphone pembaca harus di biarkan suhunya biar normal kembali agar tidak mengalami over heat.

Over heat pada smartphone biasanya di tandai dengan matinya smartphone secara tiba-tiba. Tetapi tenang jangan panik jika suhunya sudah normal ( dingin ) nyalakan kembali smartphone pembaca.

Saran saya, jika smartphone pembaca sudah mengalami over heat jangan sampai ter ulang kembali, karena dapat merusak baterai smartphone pembaca.


Mungkin hanya itu saja Tips menghemat baterai ala Blog ada apanya, silahkan pembaca mencobanya.

Terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr.wb




Artikel Terkait

Disqus Comments