Monday 24 September 2018

Tutorial CRUD dasar menggunakan PHP

Tutorial CRUD dasar menggunakan PHP - Cara Membuat Aplikasi CRUD (Create, Read, Update, Delete) Sederhana dengan PHP dan MySQL. Jadi nanti kita akan membuat Aplikasi sederhanya bagaimana cara Create/insert data ke database, Read/Select/Menampilkan data dari database, Update/edit data dari database, dan Delete/hapus data dari database dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Langkah pertama, kita harus membuat database dahulu di MYSQL dengan nama “semester5”.
Didalam database semester5 kita buat tabel dengan nama “pertemuan1”.Berikut kolom-kolom yang ada pada tabel pertemuan1:


Setelah memebuat tabel pertemuan1, selanjutnya kita membuat sebuah file koneksi.php ke database, agar aplikasi kita dapat terhubung ke database yang kita buat.

Berikit script PHP yang akan kita gunakan untuk koneksi ke database :

<?php

  $conn =new mysqli('localhost','root','','semester5'); 
 
?>

Simpan file tersebut dengan nama koneksi.php, difolder dengan nama “tugas” local Disk C kita, Karena dalam hal ini saya menggunakan XAMPP yang memiliki aplikasi Apache dan Mysql untuk menjadi web server dan database server local kita. Berati file koneksi.php tadi kita simpan dimana tempat terinstalnya aplikasi XAMPP tersebut. "ingat yah... XAMPP ini tidak bisa ditaruh di sembarnag Disk, pasti kalo kalian menginstall XAMPP ini, otomatis akan di tempatkan di Disk C" dan kali ini, project saya berada di C:\xampp\htdocs\tugas (kenapa disini..?? karena agar kita bisa meng RUN "menjalankan semulasi" project yang kita buat).

Kemudian setelah itu, kita buat file lagi yang akan kita gunakan untuk menginputkan user kedalam tabel “pertemuan1” dan proses menyimpan data yang dikirim dari from tambah user yang menggunakan method “POST” yang ada pada database “semester5”.

Berikut script untuk Tambah Usernya :


Kemudian simpan file tersebut dengan nama tambah.php.Selanjutnya jalankan file tambah.php melalui browser kalian dengan cara mengetik “localhost/tugas/tambah.php”, untuk melihat hasil inputan dari kodingan diatas.. (ingat yah... koding "if(!preg_match("/^[a-zA-Z ]+$",$Nama))" ini dibuat untuk inputan Huruf dan Spasi saja)
hasil output dari kodingan diatas 




Langkah selanjutnya  buat file lagi untuk menampilkan data yang sudah kita inputkan tadi kedalam database.simpan dengan nama index.php.


berikut scriptnya :

setelah semua koding berhasil kalian COPY dan tidak ada error dalam kodingan diatas, maka kalian harus melihat hasilnya menggunakan "localhost/index.php". ketikan berhasil dan tidak ada eror maka akan menapilkan layout  seperti berikut :


Selanjutnya kita buat file untuk mengedit / mengubah data yang sudah kita inputkan tadi ke database dan  Simpan file tersebut dengan nama “edit.php”.

Berikut scriptnya :

ketika koding diatas berhasil dan tidak ada error, kalian bisa melihat hasilnya melalui "http://localhost/tugas/edit.php?id_user=12" (ingat yah.... id_user=12 ini adalah letak id_user di database karena ketika kita hendak mengedit atau mengubah salah satu informasi yang sudah di update maka koding diatas akan memlih id_user sebagai auto increment  )

inilah hasil output form edit.php


Yang terakhir kita buat file delete, yang digunakan untuk menghapus data yang sudah kita inputkan ke database tadi. Simpan dengan nama “delete.php”.
Berikut scriptnya :


<?php
// include database connection file
include_once("koneksi.php");
 
// Get id from URL to delete that user
$id_user = $_GET['id_user'];
 
// Delete user row from table based on given id
$result = mysqli_query($conn, "DELETE FROM pertemuan1 WHERE id_user=$id_user");
 
// After delete redirect to Home, so that latest user list will be displayed.
header("Location:index.php");
?>

ou iya.. koding diatas ketika akan menghapus akan keluar notifikasi nya.. jadi tidak langsung menghapus.. oke..

Terima Kasih Telah Berkunung Di Blooger Saya..
Semoga Bisa Membatu Anda

Artikel Terkait

Disqus Comments