Monday 25 September 2017

Materi dasar Logika Informatika

Materi dasar Logika Informatika- Halo sobat-sobat ku, dimanapun anda berada dan dengan siapapun anda. Hari ini saya akan memberikan sebuah materi pengetahuan tentang dasar dari logika informatika. Pasti diantara para pembaca belum terlalu mengenal apa itu logika informatika.

Oke, logika informatika biasanya di pelajari oleh para mahasiswa yang mengambil program studi Teknik Informatika. Mengapa sih anak TI itu harus mengenal Logika ? ya mau gimana lagi kalau anda seorang mahasiswa TI anda harus mengenal lebih dalam tentang Logika, karena di antara program - program yang akan di buat oleh anak-anak TI pasti mengandung logika-logika dalam menjalankan suatu program, dan jika anda mendapatkan sebuah masalah dalam menulis coding atau sebuah pemrograman pasti akan di hadapkan dengan berbagai macam masalah.

Materi dasar Logika Informatika

Nahh.. Peran logika Informatika ini yang akan sobat gunakan untuk memecahkan masalah tersebut... Seru kann??

Perlu sobat ketahui bahwa Logika Informatika merupakan materi dasar Teknik Informatika, jadi ini merupakan materi yang sangat penting untuk anda pelajari bagi mahasiswa yang mengambil Program studi Teknik Informatika.

Belajar logika itu mudah, jika kemampuan menalar suatu masalah atau problematika yang ada di dunia itu cukup tinggi. Maka anda dengan mudah bisa memahami materi logika ini.

Langsung saja di mulai dari apa sih logika informatika itu?
Logika Informatika merupakan Disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi dengan penalaran sehingga didapat suatu kesimpulan
Singkat saja bahwa Logika informatika mempelajari suatu data dengan logika untuk menarik kesimpulan.

 Logika sebenarnya di bagi menjadi 2 kategori yaitu Logika proposisional dan Logika Predikat, dalam postingan kali ini saya akan menjelaskan apa itu Logika proposisional, untuk Logika Predikat saya post next time yaa😬...


Logika Proposisional

Di dalam  Logika proposisional ini Fokus yang paling utamanya yaitu pernyataan atau argumen yang bernilai benar atau salah akan tetapi tidak keduanya(proposisi).
Contohnya :
  1. 3+3 = 6
  2. Kota Tegal adalah ibukota negara
Penjelasan :
Contoh 1 adalah pernyataan yang termasuk kedalam proposisi yang bernilai Benar, Yaa karena 3+3 itu 6 masa 7 hehe...
Contoh 2 adalah pernyataan yang termasuk kedalam proposisi, mengapa ? karena proposisi itu bisa bernilai Benar/Salah tapi tidak keduanya. Terus termasuk kedalam preposisi bernilai apa contoh ke 2 itu ? yapp bernilai Salah.

Yang sebenarnya Kota Tegal merupakan sebuah kota yang berada di jawa tengah bukan ibukota negara...

Untuk ibukota Indonesia pasti taulah xD gak tau ? perbanyak baca buku

Kalau ada kalimat preposisi pasti ada dong yang membedakan antara kalimat preposisi dengan yang bukan kalimat preposisi... berikut contohnya
  1. x + y = 16
  2. Di mana Rumah kamu ?
  3. Ardli adalah pria yang tampan dan berani
 Penjelasan :
Untuk contoh yang pertama karena x dan y belum pasti nilainya atau tidak jelas maknanya,bisa saja x itu 1 atau 5 dan y bisa saja 15 atau 11. maka contoh pertama bukan merupakan kalimat preposisi.

sama seperti nomer 1 di nomer 2 juga tidak jelas "Kamu" itu untuk siapa? tidak jelas orang yang di tunjuk, jadi contoh nomer 2 bukan termasuk kalimat preposisi.

Apa lagi nomer 3, belum pasti nilainya... bisa saja ardli itu jelek dan penakut.


Karena kita sudah tahu mengenai apa sih itu preposisi beserta contohnya, dan juga membedakan yang mana kalimat preposisi dan mana kalimat yang bukan preposisi. Selanjutnya kita akan masuk kedalam materi "Penghubung Kalimat" untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.
Materi dasar Logika Informatika

Dalam matematika biasa di gunakan huruf kecil seperti a,b,c,...... untuk menyatakan sub kalimat dan simbol-simbol sebagai penghubung kalimat. Di Logika Informatika menggunakan simbol - simbol seperti diatas Not/tidak , And/ Dan, Or/Atau, Implikasi dan Bi-implikasi.

Contoh :
               a : hari ini dingin
               b : hari ini hujan

Nyatakan kalimat berikut dengan simbol !
  1. Hari ini tidak dingin tapi hujan
  2. Hari ini tidak dingin dan hujan
  3. Tidak benar bahwa hari ini dingin dan hujan 
 Penyelesaian : 
  1. ㄱ a   ⋀  b
  2. ㄱ a   ⋀ㄱ b
  3. ㄱ (a⋀b ) 
Baca juga : Apa itu Octa Core ? 
sekarang kita masuk kedalam pembuatan Tabel Kebenaran , untuk tabel kebenaran bisa di lihat di bawah.
Jika a maupun b itu kalimat maka tabel kebenarannya sebagai berikut :
Materi dasar Logika Informatika

Contoh :
 a ⟶ b " Jika besok cerah, maka aku kan datang kerumahmu "
a↔b, sama saja dengan ( a ⟶ b ) ⋀ ( b ⟶ a ) " Ardli anak yang rajin,  maka Ardli anak yang baik dan Ardli anak yang baik maka Ardli anak yang rajin " jika di tulis a↔b maka berbunyi "  Ardli anak yang rajin Jika dan hanya Jika Ardli anak yang baik "
Tabel Kebenaran  bisa juga di gunakan untuk pembuktian ekuivalensi. Apa sih ekuivalensi itu?
Ekuivalensi adalah dua atau lebih pernyataan majemuk yang mempunyai nilai kebenaran yang sama.

Contoh : ㄱa ( ㄱa ) dengan a
Materi dasar Logika Informatika
Dengan begitu maka ㄱa ( ㄱa ) itu ekuivalen dengan a

Latihan :
 

Baca juga :  Tips ampuh blog kedetek search engine

Mungkin hanya sekian penjelasan Materi dasar Teknik Informatika yaitu mengenai Logika Informatika, semoga bisa membantu dalam proses belajar sobat.  
Jika ada yang ingin di tanyakan bisa langsung saja ke kolom komentar Insya Allah saya jawab.
Terimakasih. 

Artikel Terkait

Disqus Comments