Friday 28 July 2017

Tips hemat RAM di android

Tips hemat RAM di android

Tips hemat Ram di android - Bagi anda pengguna smartphone mungkin ada sedikit masalah pada penggunaan RAM, Lantas apasih RAM itu ?
RAM adalah singkatan dari Random Access Memory  fungsinya adalah untuk menjalankan semacam perintah sebuah aplikasi yang ada pada smartphone. Tidak hanya pada smartphone RAM juga terdapat pada PC maupun laptop tetapi fungsinya sama.

Contohnya saat anda main game penggunan RAM akan sangat diperlukan untuk menjalankan game, apalagi untuk game dengan ukuran yang besar.
Tidak hanya game saja, multitasking beberapa aplikasi juga memerlukan manajemen RAM yang baik.

Namun ada beberapa macam permasalahan yang ada saat menjalankan sebuah aplikasi, yaitu jika RAM penuh maka kinerja smartphone akan melambat, atau lebih dikenal dengan LAG. Itu mungkin sangat mengganggu saat anda lagi asik-asiknya ngegame tiba-tiba game anda yang sedang di mainkan patah-patah atau frame drop. Lebih menjengkelkannya lagi sampai Force Close atau menutup sendiri game nya, ingin rasanya membanting smartphone tersebut (Pengalaman)

Ada banyak variasi RAM pada smartphone ada yang 1GB 2GB 4GB bahkan ada yang 6GB, Standarnya untuk nge Game atau multitasking dengan RAM 1Gb saja sudah cukup, tetapi menurut saya itu belum cukup.
Lalu bagaimana cara menghemat RAM anda? Simak penjelasan berikut.



1. Jangan pernah menggunakan aplikasi booster



Tips hemat RAM di android


Mengapa?? Bukannya dapat mempercepat kinerja android ya? seperti di iklan-iklannya.

Perlu di ingat bahwa itu hanya iklan, iklan hanya untuk menarik perhatian anda agar menginstall aplikasi tersebut. Aplikasi itu hanya akan memperberat kinerja RAM anda karena memakan banyak tempat, seperti Notifikasi yang mengganggu bahkan iklan dari aplikasi tersebut.  Hal itu yang dapat memperberat kinerja RAM anda, saya saran kan jangan pernah menggunakan aplikasi booster.

Tetapi ada sebuah aplikasi Booster bernama Greenify , aplikasi yang berjalan khusus pengguna android Root ini tidak memakan banyak tempat karena sangat ringan tidak memakan banyak tempat.


2. Hapus aplikasi social media yang tidak di gunakan

Tips hemat RAM di android



Harus di hapus ya? Tidak juga.

Contohnya Facebook, anda tidak perlu menginstall aplikasi facebook. karena menggunakan UCBrowser atau Browser bawaan sudah cukup untuk update status atau aktifitas lainnya. Aplikasi facebook memakan RAM dan penyimpanan yang besar, mungkin jika RAM anda 4GB tidak ada masalah.
Lalu bagaimana yang 512MB ?? pasti sangat sangat mengganggu.

saya sarankan kalau facebook anda bisa mencoba facebook lite itu tidak akan memakan banyak RAM karena ukurannya hanya 2MB saja.
Bagaimana untuk aplikasi social media yang lain? itu sih terserah anda. Facebook dan twitter saran saya jangan di install karena memakan banyak RAM, menggunakan browser bawaan anda sudah cukup.

3. Biasakan untuk membersihkan recent apps

Tips hemat RAM di android


Cara ini yang sering saya gunakan sebelum bermain game berat, anda pasti lupa untuk menutup aplikasi yang sudah anda gunakan sebelumnya.

Aplikasi tersebut akan terus berjalan sampai anda benar-benar menutup aplikasinya. Yang mana jika apliksi tersebut berjalan pasti juga akan memakan RAM sebaiknya anda membersihkannya di recent apps.

Baca juga : 




Itu saja tips yang mungkin membantu anda mengenai permasalahan RAM di android, tips tersebut sudah saya praktekkan di smartphone sendiri dan cukup membantu mengurangi Lagging pada smartphone saya.

Artikel Terkait

Disqus Comments